Veluwemeer Aqueduct, Jembatan Unik yang Fenomenal di Belanda

sumber : unsplash.com

oleh : Fahri Ihsanul Azis

Jalur mobil diatas permukaan air mungkin sudah cukup umum kita jumpai, tapi bagaimana jika jalur tersebut dibawah permukaan air?. Jawabannya ada di Belanda yaitu Jembatan Veluwemeer Aqueduct, disini kalian bisa melihat jembatan air untuk penyeberangan kapal membentang di atas jalan raya.

Veluwemeer Aqueduct

Veluwemeer Aqueduct terletak di Harderwijk, Belanda. Veluwemeer Aqueduct merupakan jembatan yang menghubungkan antara satu bagian danau Veluwemeer dengan bagian danau lainnya. Jembatan ini dibuat diatas jalan raya N302 di mana jalan tersebut menghubungkan Belanda dengan Flevoland, pulau buatan terbesar didunia. Jembatan Veluwemeer Aqueduct dibuka untuk umum pada tahun 2002 setelah melewati empat tahun proses pembangunan yakni kurun 1998 hingga 2002. Jembatan air ini dibangun sebagai solusi untuk lalu lintas kendaraan di darat dan air. Para arsitektur Belanda memilih membuat jalur air di atas jalan N302, di mana 28 ribu kendaraan melintas setiap harinya. Dari total panjang Jalan N302, mayoritas permukaan jalan berada di atas permukaan air. Selain digunakan oleh kendaraan, jalan raya di bawahnya juga bisa dilintasi oleh pejalan kaki dan pesepeda. Jalur tersebut dibuat khusus serta dipasangi pagar pembatas.

Analisis Teknik Sipil

Jembatan Veluwemeer Aqueduct memiliki panjang 25 meter dengan lebar 19 meter. Menjadikannya  salah satu saluran air terpendek di dunia. Air yang mengalir di atas jembatan ini memiliki kedalaman sekitar 3 meter , memungkinkan kapal kecil atau kendaraan air lainnya dapat lewat di atasnya. Kapal dan kendaraan dapat melintas di jalurnya masing-masing pada saat bersamaan. Selain itu terdapat trotoar yang dapat dilintasi pejalan kaki atau pesepeda. Di bagian tengah yang dilintasi akuaduk, sepanjang 17 meter bagian dari jalan menurun di bawah permukaan danau.Veluwemeer Aqueduct dibangun menggunakan 22 ribu meter kubik cor dan tiang pancang baja untuk menahan berat air di atas jalan raya. Tujuannya untuk mencegah sedimen mengalir ke jalan raya.

 Dikutip dari Interesting Engineering, Veluwemeer Aqueduct sejatinya adalah sebuah jembatan air, yang dibuka pada tahun 2002 dan terletak di antara danau Veluwemeer dan jalan raya N302. Jembatan air ini dibangun sebagai solusi untuk lalu lintas kendaraan di darat dan air.

Selama tahap perencanaan pembangunan, jembatan gantung dan terowongan bawah tanah dianggap sebagai solusi terbaik. Pembangunan jembatan Veluwemeer Aqueduct menelan biaya sekitar US$ 61 juta atau sekitar Rp 868 miliar. Meskipun Jembatan unik ini tidak memecahkan rekor apapun, namun keindahan desainnya menjadikan Veluwemeer Aqueduct sebagai salah satu jembatan paling menarik di dunia.

Daftar Pustaka

Hanna, Yomi. (2017). Veluwemeer Aqueduct, Jembatan Unik di Belanda Seperti Terbelah Air. Bobo.id . Diakses dari https://bobo.grid.id/read/08679815/veluwemeer-aqueduct-jembatan-unik-di-belanda-seperti-terbelah-air

Fikriansyah, Ilham S. (2021). Cerita Ruas Jalan Fenomenal di Belanda: Jembatan untuk Kapal, Mobil Lewat di Bawahnya. detikOto. Diakses dari https://oto.detik.com/berita/d-5742973/cerita-ruas-jalan-fenomenal-di-belanda-jembatan-untuk-kapal-mobil-lewat-di-bawahnya  

Winasis, Brigitta (2022). Jembatan Veluwemeer Aqueduct, Saat Kapal Melintasi Jalan Raya. Lister.co.id. Diakses dari https://lister.co.id/blog/jembatan-veluwemeer-aqueduct-saat-kapal-melintasi-jalan-raya/

Bahfein, Suhaiela. (2020). Sempat Menuai Polemik, Jembatan “Pembelah Lautan” Ini Malah Mendunia. Kompas.com. Diakses dari https://properti.kompas.com/read/2020/06/23/113959921/sempat-menuai-polemik-jembatan-pembelah-lautan-ini-malah-mendunia?page=1.

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments