You are currently viewing Mass Timber: Material Konstruksi Alternatif yang Ramah Lingkungan
Sumber: https://www.canadianarchitect.com

Oleh: Muhammad Alfimansyah

Perkembangan teknologi menciptakan inovasi-inovasi baru, tak terkecuali di dunia kosntruksi. Kayu, yang sering dianggap sebagai material yang lemah dan rapuh, kini sudah direkayasa sehingga dapat menjadi alternatif yang ramah lingkungan bagi material konstruksi konvensional, seperti beton dan baja. Kayu rekayasa atau mass timber adalah panel kayu yang direkayasa untuk meningkatkan kekuatannya melalui laminasi antarlapisan.

Bila berbicara tentang kayu, tak lepas bila tak membicarakan hutan. Permintaan kayu yang meningkat akibat bangunan mass timber akan menimbulkan pertanyaan apakah sumber daya hutan dapat memenuhi permintaan tersebut. Menurut Green (2018), penebangan hutan harus dilakukan secara berkelanjutan, yaitu dengan penanaman kembali dalam jangka panjang dan diversifikasi spesies dalam proses perencanaan. Sederhananya, hutan akan tetap menjadi hutan, hanya lokasinya yang berbeda. Oleh karena itu, pengelolaan hutan berkelanjutan dan sertifikasi hutan merupakan hal mendasar untuk mendukung penggunaan mass timber.

Mass timber memiliki berbagai jenis dan peruntukan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya:

  1. Cross-laminated timber (CLT)

CLT adalah produk kayu rekayasa yang terdiri dari lapisan kayu kering (biasanya tiga, lima, tujuh, atau sembilan) yang direkatkan untuk membentuk panel struktural. CLT dapat digunakan sebagai dinding, atap, dan lantai.

Sumber: naturallywood.com
  1. Dowel-laminated timber (DLT)

DLT adalah produk kayu rekayasa yang dibuat dengan menumpuk kayu berdimensi di tepinya atau dilaminasi silang, lalu dipasangkan dengan pasak kayu. DLT dapat digunakan sebagai dinding, lantai, dan atap.

Sumber: naturallywood.com
  1. Glue-laminated timber (Glulam)

Glulam adalah kayu laminasi yang diikat dengan perekat yang tahan lama dan tahan lembab. Glulam dapat digunakan sebagai kolom dan balok.

Sumber: naturallywood.com
  1. Laminated veneer lumber (LVL)

LVL adalah kayu rekayasa yang dibuat dari lapisankayu kering yang berlapis dan diikat bersama dengan perekat menjadi balok besar yang disebut billet. Lapisan kayu direkatkan bersama di bawah panas dan tekanan. LVL digunakan sebagai balok, truss, dinding dan lantai.

  1. Nail-laminated timber (NLT)

NLT terbuat dari kayu berdimensi yang ditumpuk bersama dan direkatkan dengan paku atau sekrup untuk menciptakan elemen struktural yang kokoh. NLT dapat digunakan sebagai lantai.

Sumber: naturallywood.com

Dibandingkan dengan material konstruksi konvensional, seperti beton dan baja, mass timber memiliki banyak kelebihan. Dari sisi lingkungan, Canadian Wood Council (2004) mengatakan bahwa dibanding kayu, baja dan beton menghasilkan 26% dan 57% lebih banyak energi, 34% dan 81% lebih banyak gas rumah kaca, 24% dan 47% lebih banyak polutan ke udara, 8% dan 23% lebih banyak limbah padat, dan menyebabkan 400% dan 350% lebih banyak pencemaran air.

Seagate Srucgtures Ltd. membandingkan antara bangunan beton dan bangunan integrasi beton dan mass timber. Hasilnya, bangunan mass timber lebih tahan gempa; instalasi 2,8 kali lebih cepat; membutuhkan 33% lebih sedikit pekerja; membutuhkan lebih sedikit biaya; massa per m3 lebih ringan 18%; dan sama-sama memiliki ketahanan yang kuat.

Sayangnya, mass timber kurang diminati masyarakat bila dibandingkan dengan beton dan baja. Hal ini disebabkan oleh stigma dan perspektif masyarakat terhadap mass timber. Mass timber dianggap lemah dalam ketahanan api, durabilitas, dan keamanan (Gold dan Rubik, 2008). Padahal, bila didesain dengan tepat, mass timber juga mampu bersifat tahan api (Barber, 2017).

Saat ini pun, sudah banyak bangunan tingkat tinggi yang struktur utamanya adalah mass timber. Salah satunya adalah Mjøstårnet di Norwegia. Mjøstårnet adalah bangunan serba guna yang di dalamnya terdapat hotel, apartemen, kantor, dan restoran. Mjøstårnet merupakan bangunan kayu tertinggi di dunia dengan tinggi 85,4 meter dan terdiri dari 18 lantai.

Sumber: moelven.com

Pemikul beban utama pada Mjøstårnet terdiri dari glulam skala besar di sepanjang fasad, kolom, dan balok internal. Dinding CLT digunakan untuk bantalan beban sekunder dari tiga elevator dan dua tangga. Mjøstårnet menggunakan pelat beton besar di lantai dasar dan didukung oleh tiang pancang yang didorong ke batuan dasar di bawahnya. Tiang pancang ini dapat menahan gaya tarik dan tekan. Lantai 2 sampai 11 menggunakan prefabrikasi dek kayu, sedangkan lantai 12 sampai 18 menggunakan lantai beton 300 mm. Semua elemen glulam dihubungkan dengan pelat dan pasak baja. Kayu struktural berada di dalam fasad dan elemen kaca sehingga terlindung dari hujan dan cahaya matahari. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan dan mengurangi perawatan. Dalam hal ketahanan api, pemikul beban utama Mjøstårnet dapat menahan api selama 120 menit dan pemikul beban sekunder selama 90 menit.

Selain baja dan beton, mass timber dapat menjadi alternatif material konstruksi yang ramah lingkungan. Dalam produksinya, mass timber memerlukan pengelolaan hutan yang berkelanjutan agar sumber daya hutan dapat terjaga. Bila dibandingkan dengan beton dan baja, mass timber lebih ramah lingkungan, hemat biaya, dan mempunyai ketahanan yang sama baiknya. Bahkan, sudah ada bangunan mass timber 18 lantai di Norwegia yang bernama Mjøstårnet.

Daftar Pustaka

Abrahamsen, R., 2017. Mjøstårnet -Construction of an 81 M Tall Timber Building Mjøstårnet -Construction of an 81 M Tall Timber Building. [online] Available at: https://www.moelven.com/globalassets/moelven-limtre/mjostarnet/mjostarnet—construction-of-an-81-m-tall-timber-building.pdf.

Barber, D., 2018. Fire Safety of Mass timber Buildings with CLT in USA. Wood and Fiber Science, [online] (83-95). Available at: https://wfs.swst.org/index.php/wfs/article/view/2662/2509.

Canadian Wood Council (n.d.). Energy and the Environment in Residential Construction. [online] Canada: Canadian Wood Council. Available at: https://cwc.ca/wp-content/uploads/publications-Energy-and-the-Environment.pdf.

Gold, S. and Rubik, F., 2009. Consumer Attitudes Towards Timber as a Construction Material and Towards Timber Frame Houses – selected findings of a representative survey among the German population. Journal of Cleaner Production, 17(2), pp.303–309.

Green, M., 2018. The Case for Tall Wood Buildings How Mass Timber Offers a Safe, Economical, and Environmental Friendly Alternative for Tall Building Structures Second Edition MGA | Michael Green Architecture *. [online] United States: Blurb. Available at: https://cwc.ca/wp-content/uploads/2020/06/Second-Edition-The-Case-for-Tall-Wood-Buildings.pdf.

Naturally Wood (n.d.). What is Mass timber? | Design + Construction. [online] naturally:wood. Available at: https://www.naturallywood.com/topics/mass-timber/.

Worldsteel Association, 2018. Steel Facts. [online] Belgium: Worldsteel Association. Available at: https://www.worldsteel.org/en/dam/jcr:ab8be93e-1d2f-4215-9143-4eba6808bf03/20190207_steelFacts.pdf.

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments