You are currently viewing Buku “Pengembangan Sumber Daya Air”

Air merupakan salah satu sumber daya yang jumlahnya sangat melimpah. Selain itu, sumber daya ini juga memiliki keunikan tersendiri karena memiliki suatu siklus atau biasa disebut siklus hidrologi sehingga keberadaan air akan selalu ada di Bumi ini atau dapat diperbaharui. Keberadaan air sendiri merupakan fungsi ruang dan waktu di mana akan selalu berubah-ubah tergantung lokasi dan waktunya.

Air memiliki potensi yang terkandung di dalam air dan/atau pada sumber air yang mampu memberikan manfaat ataupun kerugian bagi manusia serta lingkungan atau biasa disebut daya air. Maka dari itu, diperlukan usaha untuk mengoptimalkan potensi dari sumberdaya ini.

Melalui buku “Pengembangan Sumber Daya Air” ini akan dibahas mengenai masalah-masalah sumber daya air, dimulai dari latar belakang pengembangan sumber daya air, persoalan fisik perjalanan air dalam siklus hidrologi, dan beberapa teknik keairan terapan. Selain itu, buku ini juga menyinggung aspek manajemen sumber daya air dan pengantar perangkat lunak untuk optimasi pemanfaatan sumber daya air.

Buku “Pengembangan Sumber Daya Air” ditulis oleh Prof. (ret). Ir. Sudjarwadi, M. Eng., Ph.D., Muh. Pandu S., B. Anton S., dan Visi Asriningtyas yang kemudian diterbitkan oleh BPTS FT UGM. Buku ini diterbitkan dalam tiga edisi yang mana edisi terbaru berisi ralat dari edisi sebelumnya dan terdapat penambahan beberapa aspek lingkungan serta perhitungan lebih lanjut yang ditempatkan pada bab-bab yang bersesuaian.

Adapun file buku “Pengembangan Sumber Daya Air” ini dapat diakses secara gratis di bawah ini:

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments