PLANE TRUSS

PLANE TRUSS

Oleh: Raka Arya Isyana

Truss berasal dari kata Perancis tua sekitar tahun 1200-an yaitu “trousse“, yang berarti kumpulan hal yang terikat bersama-sama. Dalam dunia teknik sipil, rangka batang (truss) adalah struktur yang terdiri dari gabungan batang yang membentuk struktur segitiga dan terhubung satu sama lain, serta dibebani pada sendi-sendinya. 

Rangka batang 2 dimensi umumnya terdiri dari bagian atas (top chord), bagian bawah (bottom chord) dan bagian tengah yang biasa disebut web. Struktur tersebut umumnya didesain agar stabil (tidak bergerak), aman (tidak runtuh atau membahayakan pengguna), dan nyaman (defleksi yang terjadi tidak terlalu besar). 

https://4.bp.blogspot.com/-JS8wNzMyK24/VAbT-u8RRCI/AAAAAAAAAhg/vBKjVFX463A/s1600/truss.PNG

Truss mempunyai banyak macam di antaranya plane truss dan space truss. Artikel kali ini akan membahas plane truss atau rangka bidang.

https://4.bp.blogspot.com/-JUzeOFzt2rA/TW7CgKCp_tI/AAAAAAAACE0/8VgpamoKacE/s1600/leisurewcl-2.jpg

Plane truss adalah truss yang elemen dan jointnya berada dalam suatu bidang 2 dimensi. Bentuk dasar dari truss jenis ini yaitu :

  • Pitched truss atau common truss yang dapat dibedakan menurut bentuk segitiganya. Tipe ini sering digunakan untuk konstruksi atap. Beberapa diantaranya dinamai sesuai web configuration-nya. Ukuran elemen dan web configuration ditentukan berdasarkan bentang, beban dan spasi.
  • Parallel chord truss atau flat truss, biasanya digunakan untuk konstruksi lantai.
  • Truncated truss yang merupakan kombinasi dari dua tipe sebelumnya dan digunakan pada konstruksi hip roof.

Sedangkan tipe dari plane truss antara lain :

Pratt truss

https://4.bp.blogspot.com/-RTHyGRnisLI/VAc8ksiB5aI/AAAAAAAAAiI/eunYyEZCrOk/s1600/pratt%2Btruss.PNG

Dipatenkan pada tahun 1844 oleh Caleb Pratt dan putranya Thomas Willis Pratt, truss tipe ini didesain menggunakan balok vertikal untuk memikul tekan dan balok horizontal untuk memikul tarik. Bentuk ini masih dipertahankan sejak masih menggunakan kayu hingga kini baja.

Vierendeel truss

https://4.bp.blogspot.com/-ER_Le-3agSw/VAc8nXMIyrI/AAAAAAAAAis/59Ud7oBisTg/s1600/vierendeel%2Btruss.PNG

Yaitu truss yang letak elemennya tidak membentuk segitiga melainkan bukaan segi empat dan merupakan frame dengan joint jepit yang mampu mentransfer bending moment. Tipe truss ini dinamai sesuai dengan insinyur Belgia yang mengembangkannya pada tahun 1896 yaitu Arthur Vierendeel.

King post truss

https://2.bp.blogspot.com/-nH5NOh3lKq8/VAc8jev22pI/AAAAAAAAAh4/knZxLkkTnnc/s1600/kingpost.PNG

Merupakan salah satu tipe truss yang paling mudah diimplementasikan sebab hanya terdiri dari dua tumpuan dengan sudut tertentu yang bertumpu pada tumpuan vertical

Queen post truss

https://4.bp.blogspot.com/-Shj3QkN7-ZA/VAc8kykuxdI/AAAAAAAAAiM/BC15CMsOrjA/s1600/queenpost.PNG

Queen post, sama halnya dengan king post, perbedaan utamanya adalah adanya balok horizontal. Akan tetapi truss tipe ini hanya cocok untuk bentang pendek.

Town’s lattice truss

https://1.bp.blogspot.com/-Ugvq7VLK8Gw/VAc8m-aDVxI/AAAAAAAAAio/R4cnSuofCls/s1600/town%2Blattice.PNG

Didesain oleh arsitek Amerika, Ithiel Town sebagai alternatif jembatan kayu besar (heavy timber bridge).

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments